Mengenal Sistem UD Telematics pada Truk Quester

Meski sulit memiliki waktu dan melakukan pengecekan secara langsung, penting bagi pengusaha untuk terus memantau truk yang dimilikinya. Terlebih lagi bila perusahaan yang dikelola memiliki armada truk yang banyak.

Pengusaha perlu tahu dimana lokasi dan kondisi truk terutama saat truk sedang melakukan perjalanan atau ekspedisi pengiriman barang.

Pemilik truk atau pengusaha tidak selamanya bisa mengecek lokasi dan kondisi truk dengan menelepon atau mengirim pesan pada pengemudi.

Hal tersebut bisa berbahaya, sebab akan mengganggu konsentrasi pengemudi truk saat mengemudi. Belum lagi berkendara sambil menggunakan handphone dapat melanggar aturan lalu lintas.

Untuk itu, Astra UD Trucks membekali truk Quester dengan fitur sistem UD Telematics yang membantu pengusaha untuk selalu memantau lokasi dan kondisi truk tanpa harus langsung bertanya pada pengemudi, jadi para pengusaha merasa aman dengan kendaraannya.

Di Indonesia, Astra UD Trucks mengenalkan sistem UD Telematics sejak tahun 2016 di dalam truk Quester melalui Quester Telematics Hardware.

Hingga kini sudah ada 650 lebih customer yang memanfaatkan fitur sistem UD Telematics ini dan aktif di 3.500 lebih truk Quester. Populasinya pun tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Sumatera hingga Papua.


Keunggulan sistem UD Telematics

Ada beberapa keunggulan sistem UD Telematics yang ada pada truk Quester. Salah satunya adalah karena dipasang langsung oleh pabrikan, baik hardware dan software yang ada terjamin dan berkualitas.

Data pada UD Telematics sendiri dapat tersimpan selama dua tahun dan terintegrasi dengan program penghematan bahan bakar dari dealer UD Truck. Data ini juga akurat, lengkap, dan mudah terbaca.

Selain itu, sistem UD Telematics ini juga terintegrasi dengan sistem layanan pelanggan dari Astra UD Trucks, sehingga jika truk mengalami kendala saat perjalanan akan terhubung dengan service support.

 Lalu, bagaimana cara kerja sistem UD Telematics?


Cara kerja sistem UD Telematics

UD Telematics ini memanfaatkan jaringan internet dan Global Positioning System (GPS).

Untuk pengusaha atau pemilik truk, sistem UD Telematics sendiri dapat diakses melalui PC atau laptop dengan menggunakan email yang terdaftar.

Selain itu untuk memudahkan, sistem UD Telematics juga dapat diakses melalui aplikasi UD Telematics yang dapat diunduh di smartphone berbasis iOS dan Android.

Hal ini jelas sangat memudahkan karena pengusaha atau perusahaan dapat terus memantau lokasi dan kondisi truk Quester ketika sedang melakukan perjalanan.


Apa saja yang ada di dalam UD Telematics?

Real Time Tracking

Terintegrasi dengan Google Maps, secara otomatis sistem akan terus meng-update posisi dan lokasi truk. Data yang diberikan meliputi kondisi lalu lintas seperti kemacetan, sehingga misalnya truk terjebak di dalamnya pengusaha dapat memberikan info kepada klien mengenai keterlambatan pengiriman barang.


Trace

Sistem ini memberikan informasi mengenai kondisi truk dalam perjalanan, mulai dari rekaman rute, jalur yang dilewati, waktu tiba dan keberangkatan, jarak tempuh, kecepatan truk, hingga konsumsi bahan bakar.


Geofencing

Dengan sistem ini pengusaha atau pemilik truk dapat membuat batasan untuk rute yang harus dilalui. Bila pengemudi keluar dari rute yang sudah ditetapkan maka secara otomatis sistem akan memberi pesan peringatan.


Selain rute, Geofencing juga dapat mengatur batas kecepatan truk yang bila dilanggar pengemudi, sistem akan langsung memberi notifikasi.


Fuel Utilization Report 

Fuel Utilization Report berisi analisa data penggunaan bahan bakar yang ada di dalam tangki truk Quester selama perjalanan. Analisa ini juga terkait dengan gaya berkendara pengemudi.


Fuel Level Change Alert

Jika ada perubahan signifikan pada bahan bakar di dalam tangki maka Fuel Level Change Alert akan memberitahu pengemudi dan pengusaha melalui notifikasi.


Driving Behavior

Selain memantau lokasi dan kondisi truk, UD Telematics ini juga berisi laporan data perilaku pengemudi truk dalam perjalanan. Data ini berisi cara pengereman, akselerasi truk, melebihi kecepatan, dan mesin truk terlalu lama idle karena berhenti.


History

Sesuai dengan namanya, History ini berisi laporan dan berbagai rangkuman yang terekam sistem UD Telematics selama truk digunakan serta melakukan perjalanan. UD Telematics dapat menyimpan rekaman selama 2 tahun.


UD Proactive Support

UD Proactive Support hadir untuk membantu memantau armada truk pelanggan sehingga menaikan uptime kendaraan, tim Astra UD Trucks akan jadwal mengingatkan waktu servis berkala, pemantauan bila ada kerusakan, layanan bantuan jarak jauh, hingga saran untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.


UD Interface

Selain pengusaha dengan UD Interface, pengawasan truk dengan sistem UD Telematics ini dapat dilakukan oleh semua orang dalam perusahaan seperti supervisor yang bertanggung jawab. Selain itu, UD Interface yang sudah dilengkapi dengan API ini membuat UD Telematics dapat terintegrasi dengan sistem internal yang sudah dimiliki oleh pengusaha sebelumnya.


Tidak perlu repot, jadi dengan UD Telematics, baik pengusaha dan perusahaan dapat selalu memantau kondisi truk Quester yang dimilikinya.

Compare Trucks
Compare up to 3 trucks
  • {{ truck.name }}
    ( {{ truck.axle }} {{ truck.appType }} )