Ban Truk Bisa Diangkat, Sebenarnya Apa Fungsinya?

Ban Truk Bisa Diangkat, Sebenarnya Apa Fungsinya?

Ban truk yang bisa diangkat adalah fitur yang semakin umum ditemui pada truk-truk modern. Fitur ini biasanya terdapat pada truk-truk yang digunakan untuk pengangkutan barang berat atau berat, seperti truk tronton atau truk pengangkut kontainer. 

Baca juga: Sejarah Terciptanya Mesin Diesel Pertama UD Trucks yang Ada Saat Ini

Meskipun terlihat sederhana, ban truk yang bisa diangkat memiliki peran yang sangat penting dalam operasi harian truk-truk tersebut. Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang fungsinya dan bagaimana fitur tersebut berkontribusi pada efisiensi dan keselamatan operasi truk.

Fungsi Ban Truk yang Bisa Diangkat

Ban truk yang bisa diangkat biasanya terhubung dengan sistem hidrolik atau pneumatik yang memungkinkan pengemudi untuk mengangkat dan menurunkan satu atau lebih sisi dari truk. Ini memungkinkan bagian dari truk tersebut, seperti poros roda atau as, untuk ditinggikan dari tanah atau permukaan jalan.

1. Peningkatan Kinerja dan Manuverabilitas

Salah satu fungsi utama ban truk yang bisa diangkat adalah untuk meningkatkan kinerja dan manuverabilitas truk, terutama saat melintasi medan yang tidak rata atau ketika memasuki area yang sulit diakses. 

Baca juga: Tips Irit BBM saat Mengendarai Truk Quester Euro 5, Apa Saja ya?

Dengan mengangkat salah satu sisi truk, roda di sisi yang lain dapat tetap berada pada tanah untuk memberikan daya dorong yang lebih baik dan meningkatkan traksi. Hal ini sangat berguna saat truk beroperasi di medan berbatu, berpasir, atau berlumpur.

2. Meminimalkan Kerusakan pada Truk dan Muatan

Dengan mengangkat satu sisi truk, pengemudi dapat menghindari kerusakan pada kendaraan dan muatan yang disebabkan oleh rintangan di jalan, seperti batu besar atau rongga yang dalam. 

Hal ini memungkinkan truk untuk melintasi rintangan tersebut dengan aman tanpa merusak bagian bawah truk atau mengganggu muatan yang dibawa.

3. Memudahkan Pemeliharaan dan Perbaikan

Fitur ban yang bisa diangkat juga memudahkan proses pemeliharaan dan perbaikan pada truk. 

Baca juga: UD Mobile Service Solusi Lengkap Perbaikan dan Perawatan Truk di Tempat Pelanggan

Dengan mengangkat sisi truk yang memerlukan perbaikan atau pemeliharaan, teknisi atau mekanik dapat dengan mudah mengakses bagian-bagian yang tersembunyi atau sulit dijangkau tanpa perlu menggunakan peralatan tambahan seperti dongkrak atau lift.

4. Menjaga Keseimbangan Muatan

ban truk

Pada truk pengangkut kontainer, fungsi ban yang bisa diangkat juga membantu menjaga keseimbangan muatan saat proses pengangkutan. 

Dengan mengangkat sisi truk yang berlawanan dengan kontainer yang akan diangkut, truk dapat menjaga keseimbangan dan stabilitas saat melintasi jalan yang bergelombang atau menanjak.

5. Keamanan dan Keselamatan

Selain meningkatkan efisiensi operasi truk, fitur ban yang bisa diangkat juga berkontribusi pada keselamatan pengemudi, penumpang, dan pengguna jalan lainnya. Dengan memungkinkan truk untuk tetap stabil dan terkendali saat melintasi medan yang sulit, risiko kecelakaan akibat kehilangan kendali atau tergelincir dapat diminimalkan.

Baca juga: Kelebihan Teknologi SCR pada Unit UD Trucks: Pengendalian Emisi yang Efisien

Ban truk yang bisa diangkat adalah fitur yang penting dalam operasi truk-truk modern, terutama yang digunakan untuk pengangkutan barang berat atau berat. 

Fungsi utamanya adalah untuk meningkatkan kinerja dan manuverabilitas truk, meminimalkan kerusakan pada truk dan muatan, memudahkan pemeliharaan dan perbaikan, serta menjaga keseimbangan muatan saat proses pengangkutan. 

Selain itu, fitur ini juga berkontribusi pada keselamatan operasi truk dengan memungkinkan truk untuk tetap stabil dan terkendali saat melintasi medan yang sulit. Oleh karena itu, ban truk yang bisa diangkat merupakan salah satu inovasi yang sangat berharga dalam industri transportasi dan logistik.