Mengapa Tabung Truk Molen Selalu Berputar, Bagaimana Cara Kerjanya?

truk molen

Truk molen adalah salah satu jenis kendaraan yang sering kita lihat di jalan. Istilah “truk molen” berasal dari bahasa Belanda yang berarti “pengaduk beton.”

Truck Mixer atau yang sering disebut truk molen ini memiliki variasi jenis dengan fungsi yang sama, yaitu mengangkut beton dari satu lokasi ke lokasi tujuan agar konsistensi beton tetap cair. 

Truk ini adalah alat transportasi khusus bagi beton curah siap pakai (Readymix concrete), dengan fungsi untuk mengangkut campuran beton siap pakai dari Batching Plant (Pabrik Olahan Beton) ke lokasi pengecoran.

Baca juga: UD Trucks Quester – Keselamatan, Kenyamanan, dan Ergonomi Produk

Jika diperhatikan, truk molen ini dalam keadaan berjalan selalu berputar. Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa truk ini selalu berputar? Pada dasarnya karena isi dari truk molen ini adalah beton curah siap pakai, yang dikirim dari pabrik beton menuju ke lokasi pengecoran. Dalam proses pengangkutan ini, terdapat dua jenis metode proses pengadukan.

Proses Pengadukan

Ada dua metode utama pengadukan beton dalam truk molen:

1. Dry Concrete (Beton Kering): Material dan air diaduk di dalam truk molen.

2. Wet Concrete (Beton Basah): Pengadukan terjadi di batching plant sehingga beton yang dimuat ke dalam truk molen adalah beton segar siap pakai.

Cara Kerja Truk Molen

kendaraan

Untuk menjaga konsistensi beton segar di dalam truk molen, diperlukan proses agitasi atau putaran tabung truk molen. Tabung truk molen dilengkapi dengan bilah-bilah baja yang selalu berputar berlawanan arah jarum jam selama perjalanan.

Tujuannya adalah menjaga beton tetap tercampur (homogen) dan mencegah pengerasan selama pengiriman. Putaran tabung molen berkisar antara 8 hingga 12 putaran per menit.

Didalam tabung truk molen terdapat bilah-bilah baja yang selalu berputar berlawanan arah jam selama perjalanan menuju lokasi pembangunan. Selama pengangkutan, putaran tabung molen berkisar antara 8 hingga 12 putaran per menit. 

Baca juga: Astra UD Trucks Buka Service Point Tuban dengan Pelayanan Lebih Optimal

Tujuannya tentu untuk menjaga isi tabung truk molen yang berupa beton tetap tercampur (homogen) dan tidak mengeras saat dikeluarkan. Karena bila terjadi pengerasan pada beton dalam isi truk molen, maka beton tidak bisa dikeluarkan dari tabung truk molen. 

Proses pengiriman beton ready mix ini  memperhatikan jarak, kondisi lalu lintas, cuaca dan suhu. Tabung truk molen juga harus terus berputar selama perjalanan untuk menjaga agar beban truk lebih ringan. Sesampainya di tujuan atau lokasi pengecoran maupun pembangunan, tabung truk molen juga terus berputar. 

Namun berbeda dengan arah putaran yang berlawanan dengan jarum jam saat beton sedang diangkut, sesampainya di lokasi ketika beton hendak dikeluarkan maka arah putaran tabung truk molen diputar menjadi searah dengan jarum jam dan frekuensi putarannya makin dipercepat. 

Baca juga: 24 Hours Emergency Service Solusi Terpercaya untuk Kendaraan UD Trucks Anda

Putaran tabung molen ini tidak dihentikan semenitpun untuk menjaga tetap tercampurnya beton yang dikeluarkan melalui saluran. Hal ini bertujuan agar adukan beton dapat segera dikeluarkan dari tabung hingga seluruh beton telah dikeluarkan semua hingga bersih dari tabung. 

Jika telah dipastikan bahwa seluruh beton dalam tabung truk molen telah keluar semua, barulah mesin untuk memutar tabung truk molen dimatikan.

Inilah sebabnya mengapa tabung truk molen selalu berputar bila kita lihat sedang melintas di jalan. Bila suatu hari kamu melihat truk molen yang melintas namun tabungnya tidak berputar, maka bisa jadi isi dari tabung truk molen tersebut sudah dikeluarkan atau dalam keadaan kosong. 

Quester CWE 280

Astra UD Trucks sendiri juga memiliki truk mixer/molen, yaitu Quester CWE 280 6×4. Quester CWE 280 siap beraktifitas di medan yang tidak menentu, dan juga  telah dilengkapi dengan V Stay Torque Rod pada bagian axle belakang. 

Hal tersebut mampu meningkatkan kestabilan serta keandalan dalam berbagai kontur jalan yang tidak menentu. Tidak hanya itu saja,  Quester CWE 280 juga sudah menggunakan sasis setebal 13 milimeter. 

Tidak lupa juga disematkan Front Steel Under Run Protection untuk melindungi kabin serta memiliki high ground clearance yang cukup tinggi. Untuk menghadapi berbagai medan jalan yang berat, dengan lembar daun per yang lebih banyak serta kaki-kaki yang sudah diperkuat.

Quester CWE 280 Mixer siap kerja keras 24 Jam dengan membawa muatan maksimal, posisi air tank dan fuel tank yang tinggi membuat Quester dapat bekerja tanpa halangan di medan yang tidak menentu.

Bagaimana, sudah jelas bukan bagaimana cara kerja truk molen ini? Dengan informasi ini kami harap dapat menjawab rasa penasaran mengapa truk molen harus terus berputar ketika sedang berjalan.