My UD Fleet: Mudahkan Akses Kondisi dan Status Terkini Truk Anda

My UD Fleet: Mudahkan Akses Kondisi dan Status Terkini Truk Anda

Sebagai solusi total armada truk Anda, Astra UD Trucks memiliki layanan My UD Fleet agar Anda dapat senantiasa terhubung dengan semua armada truk Anda. Layanan My UD Fleet akan membantu Anda untuk mengontrol seluruh armada saat beroperasi.

My UD Fleet hadir sebagai layanan pendukung pada layanan purna jual dari Astra UD Trucks. Melalui My UD Fleet yang merupakan bagian dari UD Connected Services dengan salah satu fitur Global Positioning System (GPS) akan memudahkan Anda untuk memantau setiap truk mulai dari performa hingga posisi faktual truk Anda.

My UD Fleet pertama kali diperkenalkan kepada publik pada ajang GIIAS 2023. Sistem ini dianggap dapat memberikan kemudahan dan ketenangan bagi konsumen terhadap armadanya. 

Baca juga: Sejarah Astra UD Trucks dan Perjalanan Produknya di Indonesia

Segalanya dapat Anda akses dengan mudah. Anda dapat menggunakan PC, laptop hingga smartphone yang selalu berada dalam genggaman Anda. Fitur ini dapat diunduh baik pada Operating System (OS) Android maupun iOS.

Sehingga kini memantau armada bukanlah lagi hal yang sulit. Mulai dari posisi faktual hingga kondisi truk segalanya dapat Anda akses melalui genggaman tangan. Bahkan Anda dapat menjadwalkan maintenance atau perawatan dan perbaikan Anda melalui My UD Fleet.

truk molen

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dalam My UD Fleet:

  • Terpasang langsung dari pabrikan baik software maupun hardware 
  • Data pada My UD Fleet tersimpan hingga selama 18 bulan
    Data terintegrasi dengan program penghematan bahan bakar UD Trucks
  • Data akurat, lengkap, dan mudah terbaca
  • Terintegrasi dengan layanan pelanggan UD Trucks, sehingga bila truk mengalami kendala, maka akan segera terhubung dengan service support

Baca juga: Mudah dan Nyaman, Ini Daftar Outlet Astra UD Trucks di Seluruh Indonesia

Sebagai penjelasan lebih lanjut, berikut adalah hal-hal yang dapat dipantau melalui My UD Fleet :

1. Real Time Tracking

Dengan basis sistem yang terintegrasi dengan Global Positioning System (GPS), tampilan Real Time Tracking akan terhubung dengan Google Maps. Melalui fitur ini, maka sistem akan terus memberikan pembaharuan posisi truk Anda. 

Data yang diberikan meliputi kondisi perjalanan seperti kemacetan. Bila terjadi kendala saat pengiriman barang, maka pihak pengusaha dapat memberitahukan klien bahwa sedang terjadi kendala pada perjalanan mengenai keterlambatan pengiriman barang.

2. Trace

Fitur ini menampilkan kondisi truk dalam perjalanan. Mulai dari riwayat rute, jalur yang dilewati, waktu keberangkatan dan waktu tiba, jarak tempuh perjalanan truk, kecepatan truk hingga konsumsi bahan bakar.

Baca juga: Nilai-Nilai Perusahaan Astra UD Trucks, Mitra Bisnis Industri Truk Indonesia

Dengan fitur ini, sebagai pengusaha Anda juga akan mendapatkan ringkasan perjalanan (trip summary) pada periode tertentu.

3. Geofencing

Geofence adalah singkatan dari Geographical Fence (pagar geografis). Dengan fitur ini, pengusaha dapat membuat batasan untuk rute yang harus dilalui. 

Hal ini bekerja dengan cara sistem secara otomatis memberikan pesan singkat bila pengemudi keluar dari batasan rute yang telah ditetapkan oleh pengusaha. Sehingga pengusaha dapat memberikan peringatan kepada pengemudi truk.

Selain rute, Geofencing juga dapat menetapkan batas kecepatan tertentu pada truk. Bila pengemudi melajukan truk diluar dari batas yang telah ditentukan maka pengusaha akan mendapatkan pemberitahuan dari sistem secara otomatis.

Baca juga: Cara Mencegah Kantuk Saat Mengemudi Truk: Panduan untuk Pengemudi Truk

Geofencing membantu pengguna pada My UD Fleet  untuk mengetahui dan memonitor keluar masuk armada truk pada area tertentu.

4. Fuel Utilization Report

Fitur ini merupakan penjelasan terhadap analisa data penggunaan bahan bakar yang ada di dalam tangki truk Quester selama perjalanan. Selain itu akan ditampilkan analisa terhadap gaya berkendara pengemudi kemudian diolah menjadi informasi yang mudah dipahami.

5. Fuel Level Change Alert

Bila ada perubahan secara signifikan pada di dalam tangki bahan bakar, maka fitur ini akan memberikan notifikasi kepada pengemudi dan pengusaha.

6. Driving Behavior

My UD Fleet tidak hanya dapat memantau kondisi truk dan posisi truk. Namun juga dapat memantau data perilaku pengemudi truk selama perjalanan. Data ini menganalisa pengereman, akselerasi truk, kecepatan truk, dan kondisi truk idle atau kondisi lama berhenti.

7. History

Fitur ini berisi rangkuman laporan yang terekam dalam sistem My UD Fleet  yang dapat tersimpan selama dua tahun mengenai keadaan truk selama truk digunakan dalam perjalanan.

8. UD Proactive Support

Melalui fitur ini maka jadwal perbaikan dan perawatan kendaraan akan selalu diperbaharui untuk memastikan kondisi truk dalam perawatan terbaik pada waktu perawatan yang tepat. Dealer UD Trucks akan mengenali tanda-tanda kerusakan yang muncul pada armada truk.

Baca juga: Jenis-Jenis Truk Barang dan Kegunaannya

Sehingga kemudian pengusaha akan diberikan peringatan pada potensi kerusakan. Selain itu Tim Astra UD Trucks akan memantau bila diperlukan bila ada kerusakan sehingga dapat memberikan layanan bantuan jarak jauh hingga saran untuk mengoptimalkan bahan bakar.

9. UD Interface

Selain pengusaha, seluruh pihak-pihak yang berkaitan seperti supervisor dapat melakukan pemantauan terhadap truk melalui pada My UD Fleet . 

UD Interface yang sudah dilengkapi dengan sistem API membuat sistem pada My UD Fleet dapat terintegrasi dengan sistem internal yang dimiliki oleh pengusaha sebelumnya.

Baca juga: Mengenal Truk Engkel dan Kegunaannya

My UD Fleet akan menjadi solusi pada layanan purna jual Astra UD Trucks bagi perawatan dan perbaikan armada truk Anda. Selain itu seluruh kontrol terhadap pengoperasian armada akan lebih mudah untuk dipantau dengan data yang selalu diperbaharui.