Gearbox Truk Manual Masih Banyak Digunakan, Apa Alasannya?

Gearbox Truk Manual Masih Banyak Digunakan, Apa Alasannya?

Penggunaan gearbox truk dengan transmisi manual saat ini masih banyak digunakan, di tengah kehadiran dan popularitas sistem otomatis kendaran berat. Apa alasannya? Mari cari tahu apa di balik preferensi sistem transmisi tersebut.  

Beberapa produsen truk mulai mencoba  ke transmisi otomatis karena berbagai alasan, salah satunya kemudahan dalam  mengemudi dan penghematan bahan bakar. Namun, salah satu alasan utama truk masih menggunakan transmisi  manual adalah kemudahan mengendalikan  kendaraan. Berikut adalah alasan mengapa banyak truk belum menggunakan gearbox otomatis.

1. Kemudahan Mengemudi

Salah satu keunggulan unit dengan sistem transmisi manual adalah kontrol penuh ada di pengemudi. Dengan adanya komponen seperti kopling dan gigi yang bisa diatur manual, pengemudi punya kebebasan memilih gigi mana yang sesuai dengan kondisi jalan. 

Baca juga: Kelebihan dari Truk Gandeng Beserta Kapasitasnya Secara Lengkap

Hal ini memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam mengemudi, terutama di medan yang berat atau kondisi jalan yang berubah-ubah. Termasuk menyesuaikan dengan gaya mengemudi mereka.

Di samping itu, memindahkan gigi secara manual membutuhkan perhatian penuh dari pengemudi. Sehingga, kegiatan ini dapat membantu menjaga konsentrasi dan mencegah pengemudi merasa bosan atau mengantuk, terutama selama perjalanan jauh atau mengemudi di malam hari.

Baca juga: Ketahui 3 Arti Tanda Lampu Sein Pada Mobil Truk

Jadi, tidak heran kalau di Indonesia, mayoritas pengemudi truk lebih familiar dengan sistem transmisi manual. Sebab, faktor inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa model transmisi ini masih jadi pilihan

2. Hemat Bahan Bakar

Komponen manual memiliki sistem yang lebih sederhana, sehingga energi terbuang pada pergerakan lebih sedikit. Komponen geraknya juga lebih sedikit ketimbang sistem transmisi otomatis. Kemudian, bobotnya cenderung lebih ringan, sehingga hanya butuh sedikit daya untuk bergerak. 

Ketiadaan konverter torsi juga membuat energi yang terbuang lebih minim. Pada kendaraan bertransmisi otomatis, komponen ini menjadi penghubung sumber daya ke beban. Konverter torsi bekerja sebagai peredam saat ada getaran pada mesin, sehingga memperhalus perpindahan tenaga.

Hal ini yang membuat konsumsi bahan bakar cenderung lebih hemat. Sehingga tak heran, jika banyak yang lebih menyukai truk manual ini.

3. Biaya dan Perawatan Gearbox Truk

Gearbox transmisi otomatis memiliki komponen lebih banyak dan sistem yang rumit. Kemudian, ada juga komponen elektronik dan sistem hidrolik yang berfungsi sebagai pengganti gigi. Sementara pada truk manual, semua komponen itu tidak ada. 

Pada kendaraan manual, perawatan rutin yang perlu dilakukan tidak terlalu kompleks. Umumnya berupa penggantian kanvas kopling dan oli transmisi. Sementara pada unit otomatis, dengan penggunaan sistem transmisi yang lebih kompleks, maka biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan pun lebih banyak. Terlebih, jika mengalami kerusakan pada sistem transmisi. 

Quester ESCOT yang sudah menggunakan Automated Manual Transmission

Baru-baru ini UD Trucks memperkenalkan Quester terbaru dengan teknologi transmisi andalannya, ESCOT. Teknologi Automated Manual Transmission  yang mudah dan aman untuk menyederhanakan pengendalian kendaraan truk. 

Fitur-fitur yang disematkan di antaranya adalah:

  • Bantalan untuk lengan istirahat (arm rest).
  • Electric Cabin Tilt.
  • Sistem pengaman kunci terpusat (central lock).
  • Hub reduction.
  • Power window.
  • Sistem pengamanan rem bersistem ABS.
  • Air suspension seat.
  • dan teknologi-teknologi canggih yang tersemat, seperti SCR, UD Trust/UD Ultimate, dan My UD Fleet.

Selain itu, Quester terbaru juga mendukung fitur utama yang SIMPLE dan SMART. Berikut penjelasannya

  • Same mechanism as manual transmission-nya mempertahankan keandalan dan keakraban pengendalian transmisi manual.
  • Electronically controlled gear shift yang menjamin setiap perpindahan gigi terlaksana dengan presisi.
  • 12 speed automated manual transmission yang menjaga stabilitas tenaga dan efisiensi saat kendaraan beroperasi.
  • Bobot keseluruhan truk yang ringan.
  • Saklar +/- manual yang mudah pengemudi gunakan demi meningkatkan kenyamanan.
  • Automatic shift selection adalah aplikasi canggih pemilihan gigi yang tepat untuk pengalaman berkendara maksimal.
  • Greater comfort and living space yang memang dirancang untuk memberikan ekosistem kerja yang lebih baik pada pengemudi.

Pilihan varian lengkap truk Quester ESCOT bisa Anda cek di astraudtrucks.co.id. Selain informasi lebih lanjut tentang Quester ESCOT, Anda juga bisa menemukan berbagai produk unggulan lainnya dari Astra UD Trucks.