Mengenal Light, Medium, dan Heavy Duty Trucks. Apa Saja Perbedaannya?

Mengenal Light, Medium, dan Heavy Duty Trucks. Apa Saja Perbedaannya?

Ketika melihat berbagai macam truk yang mengaspal di jalan, Anda mungkin menganggap semua truk sama saja. Kegunaannya untuk mengangkut barang. Namun tentunya ada klasifikasi bagi penggunaan truk untuk disesuaikan dengan penggunaannya.

Terutama bagi Anda yang baru memulai bisnis dan hendak membeli truk sebagai armada dalam bisnis Anda, perlu untuk Anda ketahui klasifikasi truk sesuai dengan kegunaannya.

Mengenal Klasifikasi Truk

Klasifikasi truk dibagi berdasarkan seberapa berat beban yang mampu untuk diangkut masing-masing truk. Untuk membedakan klasifikasi dari light, medium hingga heavy duty trucks dapat dilihat dari ukuran truk.

Baca juga: Semakin Mudah, Kini AdBlue Sudah Tersedia di 121 Outlet Seluruh Indonesia

Selain itu kapasitas dan konfigurasi juga mempengaruhi klasifikasi. Ukurannya memiliki pengukuran khusus yang harus sesuai dengan standar internasional, yaitu berdasarkan Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) dengan kelas kendaraan dari 1-8.

1. Truk Pengangkut Ringan (Light Duty Truck)

Kategori ini termasuk dalam truk khusus muatan ringan. Truk ini masuk kedalam kelas 1-3 yang digunakan untuk mengangkat barang dengan beban yang ringan. Karena ukurannya yang lebih kecil kendaraan ini lebih mudah untuk dikendarai.

Truk ini umumnya memiliki muatan yang tidak melebihi 10 ton. Dan memiliki daya (power) 100 – 170 PS seperti UD Trucks Kuzer.

2. Truk Pengangkut Sedang (Medium Duty Trucks)

medium duty trucks

Truk pengangkut sedang adalah truk yang memiliki ukuran dan kapasitas muatan yang lebih besar dari truk pengangkut ringan. Truk ini tentunya digunakan untuk mengirimkan barang-barang yang tidak dapat diangkut dengan truk pengangkut ringan.

Baca juga: Pentingnya Keterampilan Media dalam Mendukung Bisnis Astra UD Trucks

Truk ini masuk klasifikasi kelas 4-6. Muatannya dapat mencapai 10-24 ton dengan daya (power) 170 – 320 PS. Medium Duty Trucks diantaranya adalah truk tronton dan trintin. Beberapa contohnya adalah UD Quester CKE 250, UD Quester CDE 250, UD Quester CDE 280.

Medium duty trucks sudah dilengkapi dengan peralatan pada sasis, kabin hingga body yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Barang yang dapat diangkut mulai dari logistik, material bangunan dan industri, hingga sepeda motor.

3. Truk Pengangkut Berat (Heavy Duty Trucks)

high duty trucks

Heavy Duty Trucks adalah jenis truk pengangkut tertinggi yaitu di kelas 7-8. Biasanya tractor head atau kepala traktor masuk dalam klasifikasi ini. Truk ini memiliki mesin diesel berkapasitas besar dan transmisi yang diselaraskan untuk mengangkut muatan besar.

Baca juga: Mengenal UD On-Site Service, Layanan Perbaikan Truk Standar Astra

Rangkaian roda yang lebih banyak juga merupakan salah satu contoh heavy duty trucks. Kapasitas muatannya dapat menampung lebih dari 24 ton dengan daya (power) yang dapat melebihi 320 PS. Memiliki jumlah axle 4-6 batang serta jumlah roda hingga 22 buah.

Contoh Heavy Duty Trucks dari UD Trucks adalah Quester Dump Heavy Trucks yang terdapat dalam beberapa model seperti UD Quester GWE 280, UD Quester GWE 350, UD Quester CGE 370, UD Quester CWE 350 dan UD Quester GWE 410.

Keunggulan Heavy Duty Trucks

Selanjutnya kami akan membahas beberapa keunggulan yang dapat ditawarkan oleh Heavy Duty Trucks dari UD Trucks. Kelebihan-kelebihan ini dapat menjadi pertimbangan bagi Anda saat sedang mempertimbangkan untuk membeli heavy duty trucks.

1. Hemat Bahan Bakar

Kelebihan utama adalah efisiensi bahan bakar. Hematnya bahan bakar tentunya berpengaruh pada alokasi pengeluaran Anda sehingga menggunakan truk yang hemat bahan bakar juga dapat menghemat pengeluaran Anda.

Baca juga: Penjelasan Mengenai Extra Mile Challenge, Kompetisi Bagi Pengemudi Truk

Heavy duty trucks dari UD Trucks sudah memiliki sistem penghemat bahan bakar yang lebih efisien sehingga tergolong kedalam kendaraan alat berat dengan hemat bahan bakar yang akan memberikan performa kerja terbaik.

2. Daya Tahan Kuat

Durabilitas heavy duty trucks dari UD Trucks tentunya tidak perlu diragukan. Dilengkapi konfigurasi roda yang ideal dan mesin yang tinggi, heavy duty trucks dari UD Trucks memiliki ketahanan yang tinggi.

Heavy duty trucks dari UD Trucks juga memiliki kerangka yang kuat namun tetap lentur sehingga dapat melewati medan kerja off-road.

3. Tingkat Keamanan Tinggi

Heavy duty trucks dari UD Trucks sudah dilengkapi dengan struktur kabin yang compact dengan fasilitas-fasilitas keamanan seperti pijakan masuk berukuran ideal, 3 wiper blades, seat belt reminders, bumper baja, heavy duty oil pan protector, side guard, sistem pengereman full air, dan masih banyak lagi fitur keamanan yang disematkan pada UD Trucks Quester..

Baca juga: Astra UD Trucks Luncurkan Layanan Purna Jual Terdepan Guna Penuhi Harapan Pelanggan

Selain itu kabin dari  heavy duty trucks dari UD Trucks juga sudah melewati serangkaian uji tabrak.

4. Kenyamanan

Tentunya selain mengedepankan keamanan, kenyamanan juga menjadi kelebihan heavy duty trucks dari UD Trucks. Memiliki desain interior yang ergonomis, juga didukung dengan fitur yang menunjang kenyamanan lainnya.

Seperti suspensi kabin 4 titik dengan dilengkapi shock absorber, adjustable steering column, pendingin udara, kursi pengemudi dengan suspensi angin, sistem audio MP3 dan bunk bed untuk perjalanan jarak jauh.
Inilah klasifikasi truk berdasarkan muatan yang dapat Anda ketahui serta keunggulan-keunggulan heavy duty trucks dari UD Trucks yang dapat menjadi pertimbangan Anda saat hendak memulai bisnis dengan armada truk jenis heavy duty trucks.