Warisan

Perjalanan ASTRA UD Trucks

Tonggak sejarah ASTRA UD Trucks dimulai pada tahun 1984 sebagai distributor resmi Nissan Diesel di Indonesia dengan nama Astra Nissan Diesel. Seiring berjalannya waktu, Nissan Diesel cukup mendominasi pangsa pasar kendaraan komersial brand Jepang untuk kategori heavy-duty di Tanah Air. Setelah pasar kendaraan mengalami siklus naik-turun, pertumbuhan pasar kendaraan komersial pada bulan Agustus 2006 tumbuh 29 persen.

Kondisi ini pun dijadikan momentum untuk menyuguhkan beragam pelayanan terbaik kepada pelanggan Nissan Diesel saat itu. Salah satunya melalui Paket Service HERAN (Hemat Lebaran) pada periode Oktober-November 2006 di seluruh cabang Astra Nissan Diesel. Layanan ini menawarkan jasa perbaikan atau perawatan rutin dengan harga menarik untuk paket engine tune-up, paket rem, dan paket kopling. Layanan purnajual tidak berhenti di situ saja, program training bagi pelanggan juga dilakukan dengan memberikan pelatihan kepada para driver dan mekanik customer pada salah satu area pertambangan di Kalimantan Barat.

Guna memenuhi permintaan pelanggan akan kendaraan yang andal dan hemat BBM saat itu, pada awal tahun 2007 diluncurkan produk Nissan Diesel Euro 2 yang jauh lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Teknologi baru yang diusung kendaraan Nissan

Diesel Euro 2 saat itu mutlak dikuasai oleh seluruh tenaga mekanik, baik di cabang maupun diler Nissan Diesel di seluruh Indonesia. Astra Nissan Diesel kemudian menyelenggarakan Road Show Training pada bulan Maret-Mei 2007 secara serial dan parallel di seluruh Indonesia yang dipusatkan di 7 kota (Jakarta, Surabaya, Semarang, Palembang, Balikpapan, Makassar dan Pekanbaru), dengan materi training meliputi A.865 Product Knowledge dan EURO-2 Technical Knowledge.

Road Show Training juga memberikan pelatihan tentang body builder di beberapa kota seperti Jakarta, Surabaya, Palembang, dan Samarinda, untuk menjelaskan cara penanganan ECS selama melakukan pemasangan body. Lebih dari 30 body builder dari seluruh Indonesia telah mendapat training mengenai produk Nissan Diesel Euro 2.

Peningkatan kualitas produk harus sejalan dengan kualitas layanan purnajualnya, sehingga peran dari Pusat Pelatihan Nissan Diesel sangat penting. Pada tahun 2007-2008, Nissan Diesel melengkapi fasilitas training dengan menambah alat dan sarana peraga simulasi maupun praktik demi meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan. Untuk terus meningkatkan kepuasan pelanggan, pada bulan April 2010, Astra Nissan Diesel bekerja sama dengan dealer menyelenggarakan Service Clinic dengan sasaran customer di area dealer berada.

Service Clinic dengan konsep kunjungan servis secara langsung ke lokasi customer ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian customer terhadap unitnya, dengan memperhatikan perawatan kendaraan secara berkala. Dalam kegiatan ini juga dilakukan pengecekan unit secara gratis, dan hal ini cukup menarik perhatian customer. Terbukti dengan tersedianya beberapa unit milik customer yang telah stand-by untuk dicek. Selain itu, aktivitas ini juga memberikan diskon sebesar 25% untuk beberapa spare part kategori fast moving seperti filter solar dan filter oli.

Seiring perubahan nama merek UD Nissan Diesel menjadi UD Trucks dari prinsipalnya di Jepang pada tahun 2010, sejak tahun 2011 Astra Nissan Diesel berganti nama menjadi ASTRA UD Trucks sebagai distributor resmi brand UD Trucks di Indonesia. Untuk mengimbangi keunggulan produk UD Trucks dan terus menjaga kepuasan dan kepercayaan pelanggan, beragam layanan purnajual pun disesuaikan dengan kebutuhan customer.

Seperti program Fleet Operation Support (FOS) dari ASTRA UD Trucks dengan konsep Cepat dan Dapat Diandalkan, sebagai solusi untuk membantu pelanggan fleet dalam operasional bisnisnya. Astra UD Trucks juga memliki layanan Mobile Workshop yang dapat menjangkau setiap lokasi pelanggannya untuk melakukan servis terjadwal, Mobile Service dari Astra UD Trucks sudah diperlengkapi peralatan yang modern untuk mempercepat proses servis truk di lokasi pelanggan, sehingga kendaraan pelanggan dapat segera beroperasi kembali tanpa harus mengalami down-time.

Dalam rangka terus membangun budaya kompetensi di lingkungan kerja, maka sumber daya manusia terlatih mutlak diperlukan. ASTRA UD Trucks sangat menyadari hal itu. Untuk membuktikan bahwa kami didukung oleh mekanik terlatih, Gemba Challenge menjadi salah satu wadah kompetisi keterampilan mekanik UD Trucks tingkat dunia, dan perwakilan teknisi ASTRA UD Trucks meraih kemenangan menjadi nomor satu di kontes sedunia itu.

Hal ini menunjukkan komitmen ASTRA UD Trucks untuk menjadi yang terdepan dalam total solusi transportasi melalui inovasi berkelanjutan, yang pantas menjadi mitra terbaik pelanggan untuk mencapai kesuksesan bisnis dan turut serta membangun negeri.