Tips Melakukan Pemeriksaan Menyeluruh Sebelum Menghidupkan Mesin Truck UD Quester

Tips Melakukan Pemeriksaan Menyeluruh Sebelum Menghidupkan Mesin Truck UD Quester

Melakukan pemeriksaan keliling dan pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin truk merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga kondisi Truck UD Quester tetap prima. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam merawat mesin truk.

Mulai dari pemeriksaan kendaraan secara lengkap hingga pemeriksaan kendaraan secara sederhana yang dapat dilakukan sehari hari. Terdapat dua poin penting sebelum menghidupkan mesin yaitu pemeriksaan keliling (walk around check) & Pemeriksaan Sebelum Menghidupkan Mesin (check before starting).

Berikut ulasan sederhana yang harus diperhatikan dalam pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin Truck UD Quester.

Pemeriksaan Keliling (walk around check)

Mulailah untuk melakukan pemeriksaan keliling sebelum mengoperasikan mesin truk. Pemeriksaan keliling sebelum mesin dinyalakan akan menjaga kondisi truk selalu berada pada kondisi yang prima. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

1. Pemeriksaan jalur bahan bakar (fuel line)

Pemeriksaan  jalur bahan bakar dilakukan dari tangki bahan bakar sampai dengan jalur pipa menuju injector yang berada di kepala silinder. Pastikan sepanjang jalur tersebut tidak ada kebocoran. 

Segera perbaiki jika ada kebocoran, dengan mengencangkan kembali komponen yang kendor atau mengganti dengan komponen yang baru. Karena adanya kebocoran pada fuel line akan mengganggu saat mesin truk dihidupkan

2. Pemeriksaan saringan udara (air cleaner)

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan pemeriksaan saringan udara, antara lain:

  • Melakukan pemeriksaan evacuator valve pada rumah saringan udara yang berada pada belakang cabin sebelah kiri unit. Apabila kotor dan banyak debu yang menempel maka perlu dibersihkan terlebih dahulu.

Baca juga: Mudah dan Nyaman, Ini Daftar Outlet Astra UD Trucks di Seluruh Indonesia

  • Melakukan pemeriksaan hose dari pre cleaner sampai dengan air cleaner. Pastikan hose tetap tersambung dengan rapat dan tidak terdapat kerusakan.
  • Apabila lampu indikator kebuntuan filter udara berkedip, lakukan pergantian filter udara dikarenakan filter tersebut sudah tersumbat atau mengalami kebuntuan.

3. Pemeriksaan Tingkat Oli Mesin

cek oli mesin truk

Terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan dalam melakukan pemeriksaan tingkat oli mesin. 

  • Pertama lakukanlah pemeriksaan tingkat oli mesin yang dipergunakan dengan menggunakan dipstick, perhatikan tingkat posisi antara high dan low pada saat dipstick dimasukan. 

Baca juga: Mengenal UD On-Site Service, Layanan Perbaikan Truk Standar Astra

  • Kemudian, lakukan penambahan oli jika indikator berada pada tingkat yang tidak disarankan (low level) dan kurangi jumlah oli yang ada di dalam mesin jika indikator berada pada tingkat high level.
  • Dan yang terakhir melakukan pemeriksaan sisi-sisi lain dari mesin dan memastikan tidak ada rembesan oli pada seputaran mesin.

4. Pemeriksaan tingkat air pendingin mesin (Coolant Water)

Pada saat melakukan pemeriksaan tingkat coolant, hal yang perlu dilakukan adalah mengukur ketinggian coolant pada tangki cadangan (expansion tank). Pastikan berada pada tingkat diantara minimal dan maximal.

5. Pemeriksaan kebocoran pada Radiator dan Condensor

Melakukan pemeriksaan pada bagian kisi-kisi radiator, kondensor AC dan intercooler dari kebocoran dilanjutkan dengan melakukan pemeriksaan.  

Baca juga: Nilai-Nilai Perusahaan Astra UD Trucks, Mitra Bisnis Industri Truk Indonesia

Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui apakah terjadi kebuntuan pada fin. Selain itu, melakukan pemeriksaan selang penghubung atau piping dan kondisi dari hose baik-baik saja tidak terjepit, retak atau sobek.

Pemeriksaan Sebelum Menghidupkan Mesin
Pemeriksaan sebelum menghidupkan mesin truk selalu perhatikan indikator yang berada di panel kabin, pastikan kendaraan dalam kondisi aman untuk dioperasikan. Berikut pemeriksaan yang harus dilakukan:

  1. Pemeriksaan terhadap jumlah air pendingin, bahan bakar dan oli. Jika berkurang, tambah air pendingin, bahan bakar dan oli sesuai dengan jumlah yang telah direkomendasikan oleh pabrik.
  1. Pemeriksaan lain-nya adalah brake pedal travel, dust indicator serta fungsi dari lampu penerangan, klakson dan backup suara alarm. Segera lakukan perbaikan jika diperlukan.

Baca juga: Berapa Kapasitas Daya Angkut Truk Quester Euro 5?

Segera informasikan temuan-temuan yang muncul pada layar instrument cluster ataupun control switch yang memungkinkan menyebabkan kerusakan pada mekanik yang bertugas untuk diperbaiki, karena apabila unit tetap dioperasikan dapat memicu kerusakan yang lebih parah pada mesin truk.

Beberapa tips dan trik di atas dapat membantu menjaga kondisi mesin truk Anda selalu berada pada kondisi yang prima. Selamat mencoba!